Info Situs Download

7 Teknik Fotografi Malam Hari dengan Smartphone Selayaknya Professional

Kamu bisa kok memotret nuansa malam selayaknya professional fotografi. Buat kamu yang suka jalan-jalan sambil memotret berbagai objek di malam hari? Sayangnya, tidak semua kamera smartphone ‘memadai’ saat digunakan memotret malam hari.

Kamu gak perlu kecewa hanya disebabkan karena cahaya yang kurang saat malam hari. Namun begitu, bukan berarti kamu gak bisa memotret suasana malam hari dengan baik.

Berikut adalah tips memotret malam hari dengan kamera smartphone

1. Menggunakan Tripod dan Timer

Saat hendak memotret di malam hari sebaiknya kamu membawa tripod dan timer. Hal ini karena memotret malam hari cahayanya lebih sedikit sehingga kamu butuh shutter lambat untuk menangkap cahaya yang jauh lebih banyak.

Agar hasilnya tidak blur, kamu bisa menggunakan timer atau remote untuk menekan tombol shutter. Jika kamu harus menggunakan shutter manual, pastikan untuk tidak bergerak atau tahan napas sebentar saat menekan tombol shutter.

Gunakan Mode Manual

2. Gunakan Mode Manual

Modus otomatis pada kamera smartphone memungkinkan pengguna mengambil foto dengan cepat sehingga mampu menangkap momen dadakan dalam sekejap. Sayangnya modus otomatis tidak cocok untuk memotret di malam hari.

Untuk itulah kamu perlu menggunakan mode manual. Beberapa smartphone telah dilengkapi mode manual. Dari situ, kamu bisa mengatur pengaturan sesuai kondisi sekitar.

3. Atur Shutter Speed, Aperture, dan ISO

Dalam mode manual, atur shutter speed yang lebih lambat untuk menangkap cahaya lebih banyak. Sementara untuk aperture disesuaikan dengan shutter speed.

Pengaturan lain yakni ISO, fungsinya untuk menentukan seberapa banyak cahaya yang dibutuhkan oleh sensitivitas sensor yang digunakan. Singkatnya, ISO redah cocok digunakan pada kondisi terang, sementara ISO tinggi cocok digunakan pada malam hari.

Modus Malam

4. Modus Malam

Night Mode merupakan modus yang ada di hampir semua kamera smartphone. Dengan fitur ini, hasil foto akan lebih baik dan terang. Namun untuk memakainya, pastikan gambar yang dipotret tidak bergerak agar tidak blur.

5. Gunakan Flash, Jangan Zoom

Jika kamu memotret dari jarak cukup jauh, sebaiknya tidak perlu flash karena akan menimbulkan bercak pada foto.

Sementara, jika objek dekat, flash akan membantu membuat hasil foto lebih baik. Pengguna perlu menghindari zoom agar hasil foto lebih tajam.

6. Pilih Tempat yang Tepat

Untuk mendapat foto malam hari yang pas, pilih tempat yang tepat, sebab tidak semua tempat bisa menyajikan sudut pandang yang bagus saat difoto.

7. Edit Foto

Untuk menghasilkan foto yang bagus, kamu bisa memoles foto dengan aplikasi edit foto. Kamu bisa mengubah tingkat kecerahan atau menambah efek pada foto-foto yang telah diambil.

Tags: