Info Situs Download

10 Hal Yang Sering Kamu Abaikan Bisa Membuat Komputer Mati Total

Sebuah perangkat PC maupun laptop yang paling melekat dan sulit terlepas dari kegiatan sehari-hari. Meski sekarang hadirnya smartphone dengan berbagai fitur canggih kini pelan-pelan mulai menggantikan keberadaan komputer, namun benda yang satu ini masih jadi andalan terutama untuk pekerjaan berat seperti bikin skripsi atau tugas kantor.

Sayangnya, kita terkadang seenaknya memperlakukan komputer. Kita sering mengeluhkan performa komputer yang lambat tanpa menyadari kalau hal itu disebabkan oleh kelakuan kita sendiri. Banyak hal yang kita anggap sepele nyatanya malah jadi penyebab komputermu lemot dan rusak. Berikut Jaka ulas sepuluh hal sepele yang bikin komputer benci sama kamu.

1. Download Sembarangan

Internet memang menawarkan banyak hal untuk diunduh alias download. Kecenderungan pengguna komputer, terutama generasi milenial untuk men-download apa saja yang mereka inginkan tanpa waspada dengan sumber tempat mereka men-download kerap jadi masalah. Beragam jenis virus dan malware yang makin canggih tentunya akan sangat mudah mengancam komputer kamu.

2. Gak Pernah Update Software

Kamu sering banget mengeluhkan performa komputer yang makin hari makin lemot alias lambat, tapi kamu mengabaikan tawaran untuk meng-update software secara rutin dalam jangka waktu tertentu. Padahal, melakukan update pada software dapat meningkatkan performa komputer secara keseluruhan dan memperbaiki berbagai bug.

3. Butiran Debu yang Gak Pernah Dibersihkan

Mungkin hal ini terdengar sepele dan bukan hal teknis. Namun, kebersihan suatu perangkat ternyata berpengaruh pada performa itu sendiri lho. Perlu diingat, debu dan elektronik bukanlah dua hal yang bisa hidup berdampingan. Jadi kalau kamu mau perangkat komputermu awet dan jarang mengalami masalah, rajin-rajinlah membersihkannya dari debu yang menempel.

4. Banyak Simpan ‘Sampah’ di Hard Drive

Kapasitas hard drive yang besar memang gak ada salahnya dimanfaatkan untuk menyimpan banyak file seperti foto dan video sejak kita kecil hingga dewasa, atau ribuan lagu favorit. Namun, file yang terlalu banyak dan sebenarnya gak penting akan berpotensi jadi ‘sampah’ karena sebenarnya ruang tersebut bisa digunakan untuk beberapa fitur seperti System Restore dan Hibernate.

5. Banyak Aplikasi Berjalan Saat Startup

Kamu termasuk tipe yang menginginkan segalanya serba otomatis, termasuk dengan menyetel banyak aplikasi dan program yang otomatis berjalan saat startup alias komputer dinyalakan. Gak diragukan lagi, hal yang satu ini sangat ‘menyiksa’ komputer kamu dan tentunya bikin performanya jadi lambat.

6. Gak Pernah Mematikan Komputer

Kamu termasuk tipe yang aktif dan sering menggunakan komputer? Banyak tipe seperti ini yang jarang banget, bahkan nyaris gak pernah mematikan komputernya lantaran akan terus digunakan dalam waktu dekat. Padahal, komputer yang dimatikan atau setidaknya di restart akan membersihkan sebagian ruang RAM dan tentunya mengistirahtkan komputer secara menyeluruh agar lebih fresh digunakan nantinya.

7. Gak Mau Memperbaiki Masalah Komputer

Sering melihat notifikasi atau peringatan seputar masalah atau issue yang ada di komputer kamu, tapi malah mengabaikannya dan tetap melanjutkan aktivitas? Hal itu tentu jadi salah satu faktor penyebab komputer mengalami penurunan performa. Selain harusnya kamu memperbaiki masalah pada software, masalah pada hardware juga perlu diperhatikan. Chip RAM atau hard drive yang sudah usang gak ada salahnya untuk diganti yang baru agar performa komputer lebih terjaga.

8. Koneksi WiFi Sembarangan

Internet gratis memang selalu menggiurkan. Di manapun kamu berada, terutama di tempat-tempat umum, tentunya sinyal WiFi gratis jadi salah satu fasilitas yang kamu cari. Tetap waspada, hebatnya skill hacker jaman now membuat mereka bisa menggunakan WiFi di tempat umum untuk mencuri data atau menyusupkan malware ke perangkat kamu. Jadi, jangan sembarangan menyambungkan perangkat dengan WiFi gratis.

9. Sistem Keamanan Asal-asalan

Kamu gak ingin data atau file penting di komputer kamu dicuri, tapi kamu sendiri gak memperhatikan masalah keamanan di komputer kamu tersebut. Misalnya dalam menggunakan password atau kata sandi. Password yang dibuat asal-asalan dengan dalih gak mau ribet (misalnya: 123456) sangatlah rawan hacking. Jika kamu tipe seperti itu, perbaiki lagi tingkat keamanan perangkat komputermu.

10. Setia Sama OS Jadul

Kamu pecinta hal-hal klasik dan retro, lalu menerapkannya juga untuk perangkat komputer kamu? Salah besar! Misalnya kamu sudah nyaman menggunakan Windows XP dan terus menggunakannya hingga era di mana sudah ada Windows 10, maka hal itu bisa menurunkan performa komputer kamu. Perusahaan sendiri, dalam hal ini Microsoft, menyarankan untuk sebisa mungkin memperbarui OS yang sudah jadul.

Tags: